Walhi

Twkm 29 kenal medan lingkungan hidup “aktualisasi mahasiswa terhadap bencana ekologis” berani berkarakter


Pulau Pari | Selasa 25 Okt 2017 kegiatan Kenal Medan Lingkungan Hidup (KM LH) di TWKM ke-29 sedang berlangsung di Pulau Pari Kepulauan 1000 DKI Jakarta, dari tanggal 24 s/d 27 okt 2017, antuisme kepesertaan cukup baik dilihat dari jumlah peserta yg terdaftar di KM LH ada 71 peserta keterwakilan beberapa Mapala perwakilan daerah seperti Jawa, Sumatera, Kalimatan dan Sulawesi.

Dihari pertama, diskusi dan materi yang diberikan kepada peserta yaitu mengenai pengetahuan Bencana Ekologis dan mengenal Amdal Kijang. Islah selaku kepala unit Pendidikan Eksekutif Nasional WALHI turut memberikan materi mengenai Bencana ekologis di Indonesia. Kemudian Baskoro dari Mapasat (STT Sapta Taruna) juga menjelaskan mengenai Amdal Kijang, diharapkan melalui materi Amdal Kijang para peserta dapat mampu melakukan identifikasi, analisis serta solusi terkait permasalahan lingkungan hidup yang terjadi dimasing-masing wilayahnya alur proses dengan pembagian kelompok berdasarkan daerahnya masing-masing, berdiskusi dan presentasi.

Konsep kegiatan KM LH ini di design secara partisipatif dimana Fasilitator dari kegiatan KM LH adalah temen-teman Mapala Jaringan WALHI jakarta dan Mapala berasal dari Jakarta yang berminat untuk menjadi Tim Fasilotator, seperti halnya Baskoro, sebelum kegiatan KM LH berlangsung, dengan di Fasilitasi oleh teman-teman WALHI Nasional dan Sofyan (Eyank) dari Perhimpunan Sangga Buana coba mengarahkan kepada teman-teman panitia dalam mengkonsep dan pembekalan bagaimana menjadi Fasilator serta merancang bersama Silabus kegiatan KM LH. Hasil yg dicapai terdapat 7 orang yang minat menjadi Fasilitator di KM LH di TWKM KE-29.

Kegiatan KM LH masih berlangsung pada hari ini Rabu 25 oktober 2017, akan melakukan Praktek dan diskusi melanjutkan meteri mengenai Amdal Kijang, dengan tujuan mumumnya peserta mempunyai kemampuan untuk melakukan analisa kerusakan lingkungan dan pencemaran lingkungan hidup melaui konsep PRA (participatory rural appraisal)

melakukan pemetaan partisipatif, membaca kalender musim, analisa sosial.

Rekan-rekan JKPP juga hari ini turut hadir untuk memeberian pembekalan materi bagaimana melakukan pemetaan melalui alat digital GPS.

Kegiatan KM LH masih berlangsung hingga akhir kegiatan nanti, dengan diisi materi, diskusi dan praktek kelapangan

#SalamLestari

Narahubung :

  • Surachman Ponco :0812-8318-3673
  • Melva : +62 812-6443-0707

adminwalhi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Donasi